8 Cara Memulai Bisnis Online Bagi Para Pemula

Cara Memulai Bisnis Online

Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis online bisa dipelajari dengan mudah. Banyak panduan yang bisa digunakan sebagai referensi untuk membangun bisnis online. Dengan demikian, siapa saja bisa melakukannya.

Termasuk salah satunya adalah para pemula saat memilih menjadi seorang pengusaha. Anda harus mempelajarinya mulai dari bagaimana cara menentukan jenis produk hingga teknik pemasaran terbaik.

Selain itu, bisa juga berkonsultasi dengan para ahli karena memiliki banyak pengalaman di bidang bisnis. Dengan demikian, Anda bisa membangun bisnis dengan lancar dan meraup banyak keuntungan.

Baca Juga: Keuntungan Bisnis Online, Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Intip Berbagai Cara Memulai Bisnis Online

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mulai berbisnis online. Silahkan Anda ikuti setiap langkahnya dengan baik agar bisnis yang baru dijalankan bisa berkembang pesat dan berpeluang memperoleh keuntungan.

Artikel Terkait: 8 Cara Berjualan di Marketplace bagi Pebisnis Pemula

  • Menemukan Masalah di Pasar Digital

Produk merupakan komponen penting dalam sebuah bisnis online. Oleh karena itu, harus memilih produk sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan demikian, Anda berpeluang besar untuk memenangkan pasar.

Akibatnya mudah bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Hal ini bisa terwujud karena produk tersebut bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh konsumen.  

Cara memulai bisnis online pertama harus menemukan apa masalahnya terlebih dahulu. Misalnya dengan melakukan observasi di forum review atau media sosial dan melakukan interview dengan calon target pasar.

Selanjutnya, memilih salah satu masalah yang berpotensi untuk dijadikan bisnis. Anda sebagai pelaku bisnis harus mampu memberikan solusi terbaik atas berbagai permasalah di pasar digital.

  • Riset Pasar

Riset pasar bertujuan untuk mendapatkan ide bisnis. Dalam hal ini dibutuhkan data yang objektif. Dengan demikian, keputusan yang Anda ambil tidak hanya berdasarkan opini atau asumsi saja.

Salah satu cara memulai bisnis online yaitu mengecek tren terkini dengan melakukan riset keyword di mesin pencari. Anda bisa memanfaatkan beberapa tools seperti semrush, google trends, ahrefs dan ubersuggest.

Langkah selanjutnya, mengecek tren di media sosial, tempat banyak orang berkeluh kesah, termasuk melakukan review produk. Selain itu, bergabung ke forum dan membuat survei.

Survei bertujuan untuk menggali informasi lebih detail dari calon konsumen. Hal ini penting Anda lakukan untuk mendapatkan informasi yang belum terjawab melalui media sosial.

  • Analisis Kompetitor

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah melakukan analisis kompetitor bisnis. Anda bisa mengalahkan kompetitor dengan mudah. Caranya silahkan mempelajari semua informasi penting seputar kompetitor tersebut.

Misalnya mempelajari tentang kelebihan dan kekurangan kompetitor. Dengan demikian, Anda dapat menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar digital.

Silahkan kunjungi website dan media sosial milik kompetitor. Di sana banyak hal penting untuk dipelajari, termasuk salah satunya bagaimana cara merespon komentar dari pelanggan, konsep konten dan lain-lain.

Jangan lupa mencari informasi tentang review dari kompetitor. Bandingkan harga yang dipatok oleh kompetitor. Hal ini dikarenakan harga menjadi faktor penting, biasanya konsumen akan mencari harga yang paling murah.

  • Mencari Model Bisnis Online

Cara memulai bisnis online berikutnya adalah memilih model yang paling menguntungkan. Contohnya jika Anda memiliki modal besar maka dapat menyetok produk fisik lebih banyak dan menjualnya secara online.

Berbeda jika modal terbatas, maka bisa bekerja sama dengan supplier. Selanjutnya, bisa menjual dengan sistem dropship sehingga tidak perlu menyetok barang.

Cara lainnya adalah menjadi affiliate marketing. Apabila ingin bergabung dalam program afiliasi maka harus rajin membagikan link atau kode spesifik yang akan dipakai konsumen untuk berbelanja.

Apabila ada konsumen yang membeli produk menggunakan link tersebut, maka bisa memperoleh komisi. Apa saja model bisnis online yang dipilih, Anda tetap harus mempersiapkan berbagai hal teknis.

  • Menentukan Target Pasar

Cara memulai bisnis online harus menentukan siapa target pasar Anda. Target pasar adalah orang yang mempunyai karakteristik sama dan kemungkinan akan membeli produk Anda.

Setiap produk memiliki pasar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu menentukan target yang lebih spesifik. Hal ini akan mempermudah ketika menyusun strategi marketing.

Silahkan kelompokkan target pasar, lalu menentukan buyer persona yang lebih spesifik. Buyer persona adalah gambaran dari konsumen yang membeli produk. Dalam hal ini Anda perlu melakukan wawancara dengan beberapa konsumen.

  • Memilih Produk

Cara memulai bisnis online setelah melakukan kelima langkah di atas adalah memilih produk. Tentukan jenis produk yang dapat dijual secara online. Banyak contoh produk yang dapat dipilih.

Misalnya seperti furniture, alat kesehatan, software, ebook dan lain-lain. Lalu jenis produk jasa antara lain pengiriman barang, pemesanan tiket dan booking hotel secara online.

Pastikan jenis produknya sesuai dengan kebutuhan dari target market. Dengan demikian, Anda melakukan riset dengan baik dan teliti. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin agar tidak salah memilih produk. 

  • Membuat Website

Cara memulai bisnis online harus membangun sebuah website untuk menjual produk. Hal ini dikarenakan website memiliki fungsi seperti sebuah toko. Adanya website akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Hasil survei menunjukkan 56% pelanggan tidak percaya dengan bisnis online tanpa website. Apabila Anda tidak mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, maka otomatis akan beralih ke toko lain.

Oleh karena itu, pelaku usaha harus mampu meyakinkan pelanggan bahwa bisnis online yang Anda jalankan benar-benar ada. Oleh karena itu, Anda harus memiliki website resmi.

Anda dapat menggunakan wordpress sebagai platform untuk membuat website toko online. Selanjutnya, arahkan konsumen untuk berkunjung ke website dengan membagikan link melalui media sosial.

  • Menjual Produk dengan Tepat

Cara memulai bisnis online yaitu harus memasarkan produk ke target market. Caranya dengan memanfaatkan google bisnisku untuk mempermudah calon pelanggan mengetahui semua informasi seputar bisnis online.

Selanjutnya, perlu melakukan optimasi SEO dan memaksimalkan akun media sosial untuk melakukan promosi produk. Anda harus menyusun strategi marketing yang tepat untuk menjual produk secara online.

Anda harus giat melakukan promosi agar mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Namun, Anda tetap harus menjaga pelanggan lama agar setia menggunakan produk Anda.

Anda harus menerapkan kedelapan cara di atas jika ingin sukses menjalankan bisnis online. Oleh karena itu, Anda wajib memahami bagaimana cara memulai bisnis online agar bisa mendapatkan banyak pelanggan.

Baca Juga: Contoh Bisnis Startup yang Menjanjikan di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.